Islamic Development Bank Buka Cabang di Jakarta

Bank pembangunan Islam (IDB) akan membuat kantor cabangnya di Jakarta, demikian yang diungkapkan Ahmad Muhamad Ali Al Madani di Hotel Hilton, Jeddah, Saudi Arabia kepada Presiden Bambang Yudhoyono, Senin 4 Februari 2013.

IDB berencana mendukung pembangunan infrastruktur dan berbagai sektor swasta lainnya. Bidang-bidang yang akan menjadi fokus kerja IDB adalah bidang irigasi pertanian skala kecil dan perikanan.

Selama ini IDB telah memfasilitasi pertukaran teknis antara Indonesia dan Nigeria dalam pembangunan irigasi skala kecil.  Salah satunya adalah dengan melatih teknisi Nigeri di Indonesia.

Pembukaan kantor cabang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2013. Selama ini IDB telah memiliki 4 kantor regional di Malaysia, Senegal, Maroko dan Kazakhstan. IDB memiliki forto folio sebesar 3.199 milyar dolar di Indonesia. Sebanyak 1.800 Milyar dolar digunakan untuk pendanaan proyek-proyek, sedangkan sebesar 1.301 milyar dolar untuk pendanaan perdagangan, dan 8 juta dolar untuk operasi bantuan khusus non teknis.

Diharapkan sektor swasta muslim dapat menangkap peluang ini. Sebab selama ini Bank yang ada di Indonesia hanya menganak-kandungkan pengusaha non-Islam saja. Katanya sebesar 98% keuangan Negara ini dari sektor perbankan berada dan beredar di tangan pengusaha non muslim, bahkan jumlahnya sampai mencapai 98% dari seluruh uang yang beredar di sektor perbankan tersebut.

Wallahu A’lam